Kamis, 05 Februari 2015

KEDUDUKAN PEREMPUAN DALAM ISLAM

Oleh Drs. Ali Budiman 

Prinsip Pokok dalam ajaran Islam adalah persamaan antara manusia, baik antara lelaki dan perempuan maupun antar bangsa, suku dan keturunan. Perbedaan yang meninggikan atau merendahkan hanya tingkat pengabdian dan ketakwaan nya kepada Allah firman AllahSekilas swt surat Al Hujura.-t (49): 13) "
Wahai seluruh manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (terdiri) dari lelaki dan perempuan dan kami jadikan kamu berbangsa _bangsa dan bersuku suku agar kamu saling mengenal, sesungguhnya yang termulia diantara kamu adalah yang paling bertakwa "

Kedudukan perempuan dalam ajaran Islam pada hakikatnya memberikan perhatian yang sangat besar serta kedudukan terhormat kepada perempuan..coba kita tengok seribu empat ratus tahun yang lalu, pada saat zaman nabi Muhammad saw yang sebelumnya tidak di kenal di lima benua, keadaan perempuan saat itu lebih baik dari perempuan barat saat ini, yang membedakan hanya cara berpakaian.

Sekilas pemahaman ajaran Islam di lihat dari 2(dua)  segi 1. Asal kejadian nya dan 2. Hak hak nya dalam berbagai bidang.

ASAL KEJADIAN PEREMPUAN 
Dari mana kita mengetahui asal kejadian perempuan tentu dari dua sumber yang menjadi pedoman dalam ajaran Islam yakni Alquran dan Hadist...

1.Alquran surat An Nisa 4: 1.
    "Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan mu yang telah menciptakan kamu dari jenis yang sama /satu, dan dari nya Allah menciptakan pasangan nya dan dari kedua nya Allah memperkembangbiakkan laki laki dan perempuan yang banyak.

Jadi berdasarkan ayat ini bahwa kejadian manusia baik laki2 dan perempuan dari jenis yang sama. Adapun ada paham bahwa perempuan dari tulang rusuk maupun perempuan perempuan sebagai penyebab tergelincir nya dari surga, hal tersebut berasal dari Kitab Perjanjian Lama (Kitab Kejadian II;21). Jika kaum muslimin mengerti dan membaca secara utuh Alquran tidak akan pernah didapati paham demikian. 
Ada satu hadist shahih Bukhari yang berbunyi " Saling pesan memesanlah kamu untuk berbuat baik kepada perempuan, karena mereka di ciptakan dari tulang rusuk yang bengkok. "
Pemahaman hadist ini tidak dapat secara apa adanya, kalau dalam Istilah ilmiah agama Islam pengertian Mazazi (kiasan), yang dimaksud dengan bengkok, bahwa perempuan mempunyai perasaan yang lebih halus, dalam berinteraksi dengan perempuan harus bijaksana karena tulang rusuk adalah yang lemah harus hati hati menangani nya karena itu lah kodrat nya.

2. Ali Imran (3;195).
"Sesungguhnya aku tidak menyia nyiakan amal orang orang yang beramal diantara kamu baik laki2 maupun perempuan, karena sebagian kamu adalah (keturunan)  dari sebagian yang lain.

3. Al Baqarah (2:36).
"Lalu syaitan memperdaya kedua nya dari surga sehingga keduanya dikeluarkan dari surga "

4.Al A'raf (7;20).
",lelaki dan perempuan maupun Kemudian setan membisikkan pikiran jahat kepada mereka agar menampakkan aurat mereka ".

Bersambung,.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar