Kamis, 15 Desember 2016

Janganlah kedengkian dan hazad kita terhadap saudara kita membuat kita enggan untuk menjawab salam

Assalamualaikum warohmatullahi wabarakaatuh
Ikhsan fillah yang dirahmati Allah.
Hasad dan dengki merupakan penyakit hati yang sering menghinggapi diri kita tanpa kita menyadarinya.
Sungguh penyakit ini akan menggerogoti amal baik kita sebagaimana apa membakar kayu.
Hal ini akan terlihat terhadap perilaku kita terhadap saudara kita.
Ketika aauadar kita mengucapkan salam maka sangat berat bagi kita untuk membalas salam tersebut.


Maka saudara ku Janganlah kedengkian dan hazad kita terhadap saudara kita membuat kita enggan untuk menjawab salam darinya.

Oleh karena hilangkan penyakit ini dengan cara saling mengucap salam dan menjawab salam dari saudara kita.

An Nawawi menyebutkan dalam Shohih Muslim Bab 'Di antara kewajiban seorang muslim adalah menjawab salam'. Lalu dibawakanlah hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
« حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ ». قِيلَ مَا هُنَّ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ « إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ ».
"Hak muslim pada muslim yang lain ada enam." Lalu ada yang menanyakan, "Apa saja keenam hal itu?" Lantas beliau shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "(1) Apabila engkau bertemu, ucapkanlah salam padanya, (2) Apabila engkau diundang, penuhilah undangannya, (3) Apabila engkau dimintai nasehat, berilah nasehat padanya, (4) Apabila dia bersin lalu dia memuji Allah (mengucapkan 'alhamdulillah'), doakanlah dia (dengan mengucapkan 'yarhamukallah'), (5) Apabila dia sakit, jenguklah dia, dan (6) Apabila dia meninggal dunia, iringilah jenazahnya (sampai ke pemakaman)." (HR. Muslim no. 2162)


Rasulullah melarang seseorang untuk hasad kepada orang lain dikarenakan ia dapat menyebabkan hilangnya kebaikan-kebaikan yang ada di dalam diri orang tersebut sebagaimana sabda beliau,

 "Jauhilah oleh kalian hasad karena ia akan memakan kebaikan-kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar." (HR. Abu daud).

Apakah kita mau amalan-amalan kita lakukan hilang terhapus begitu saja karena hasad yang ada  hati kita. Sehingga kita menjadi orang merugi baik di dunia atau di akherat.
Na'udzubillahi min Dzalik .

Wassalammu'alaikum warohmatullahi wabaraakatuh.

Semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar