Minggu, 12 Juni 2016

Nasehat Buat yang Masih Ragu hatinya untuk Tidak ISBAL

HADIST 1:
Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, Ada tiga orang yang tidak diajak bicara oleh Allah pada hari kiamat nanti, tidak dipandang, dan tidak disucikan serta bagi mereka siksaan yang pedih."Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menyebut tiga kali perkataan ini. Lalu Abu Dzar berkata,"Mereka sangat celaka dan merugi. Siapa mereka, Ya Rasulullah?"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab, "Mereka adalah Orang Yang ISBAL, orang yang suka mengungkit-ungkit pemberian dan orang yang melariskan dagangannya dengan sumpah palsu." (HR. Muslim no. 306).
(Isbal adalah Celana atau kain yang dibawah mata kaki)

HADIST 2:
Dari Abu Huroiroh radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Kain yang berada di bawah mata kaki itu berada di neraka." (HR. Bukhari no. 5787)
HADIST 3:
"Pakaian seorang muslim adalah hingga setengah betis. Tidaklah mengapa jika diturunkan antara setengah betis dan dua mata kaki. Jika pakaian tersebut berada di bawah mata kaki maka tempatnya di neraka. Dan apabila pakaian itu diseret dalam keadaan sombong, Allah tidak akan melihat kepadanya (pada hari kiamat nanti)." (HR. Abu Daud no. 4095)
HADIST 4:
"Pada hari Kiamat nanti Allah tidak akan memandang orang yang menyeret kainnya karena sombong" (HR. Bukhari 5788)
SEBELUM KITA LANJUT KE HADIST BERIKUTNYA, KITA STOP DULU DISINI, KARENA Hadist Nomor 3 dan 4 diatas ada kata-kata SOMBONG. Sehingga ada yang beralasan " SAYA KAN TIDAK SOMBONG ?..., jadi ngak apa-apa kalau Isbal, Saya nggak sombong kok"
Baiklah jika anda berdalih anda bukan orang sombong, maka perhatikan Hadist berikut dibawah ini :
HADIST 5:
WASPADALAH KALIAN DARI ISBAL (pakaian dibawah mata kaki). KARENA HAL ITU (ISBAL) TERMASUK KESOMBONGAN, DAN ALLAH TIDAK MENYUKAI KESOMBONGAN (HR.Abu Daud no.4084)
Semoga Bisa DiFahami, bahwasanya ISBAL itu sendiri Termasuk Sebagai KESOMBONGAN, Bagaimana bisa anda Ngaku-ngaku " Saya kan Tidak Sombong ?...". Maka Takutlah akan Firman Allah tentang ayat yang menjelaskan JANGAN KALIAN MENSUCIKAN DIRI KALIAN SENDIRI !!. ALLah Azzawajalla berfirman :
" Maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa " (Alquran. An najm:32).
Masih Berani mengatakan " Saya gak Sombong" ?..
Lalu ada sebagian orang yang berdalih dengan hadist tentang Abu Bakar Assiddik rhadiallahuanhu, yang pernah melorot kainnya dibawah mata kaki ketika sholat, berikut ini hadist nya
HADIST 6 :
Dari 'Abdullah bin 'Umar radhiyallahu 'anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang menjulurkan pakaiannya dengan sombong, Allah tidak akan melihat dirinya pada hari kiamat." Lantas Abu Bakr berkata, "Sungguh salah satu ujung celanaku biasa melorot akan tetapi aku selalu memperhatikannya." "Engkau bukan melakukannya karena sombong (HR. Bukhari no. 3655)
Dari hadist diatas tentang Pakaian Abu Bakar Assiddik Rhadiallahu'anhu yang biasanya terkadang melorot pakaiannya hingga melampaui mata kaki. Dalam Kasus ini maka tidaklah Abu Bakar Assiddik Rhadiallahu'anhu melakukannya dengan maksud SENGAJA DILOROTKAN (sengaja dipanjangkan sampai menutup mata kaki), Tapi hal itu terjadi karena Faktor KETIDAK SENGAJAAN, sebagian ulama mengatakan bahwa karena Abu bakar Assiddik Rhadiallahu'anhu bertubuh kurus, jadi terkadang pakaiannya sering melorot. Kemudian begitu pakaiannya melorot, maka dengan segera di tariknya (diperbaiki lagi) agar Tidak menutup mata kakinya, maka Nabi mengatakan : " Yang Demikian itu Tidak termasuk Sombong ".
Pertanyaan untuk anda yang mencari alasan dengan hadist Abu bakar diatas :
1. Apakah Celana/Sarung anda yang menutup mata kaki melorot karena Tidak Sengaja atau Memang Sengaja anda Lorotkan ?
2. Apakah ketika memang tidak sengaja melorot maka apakah anda segera memperbaikinya dengan menariknya kembali keatas ?..sehingga tidak menutup mata kaki ?
3.Apakah Level keimanan anda sudah setara dengan Abu Bakar Assiddik Rhadiallahu'anhu ?
Silakan di introspeksi sendiri dan dijawab sendiri dengan jujur.
HADIST 7 :
Rasulullah Shallallahu'alaihiwassallam pernah memegang tumitnya Hudzaifah, dan bersabda :
.........tidak ada hak bagi sarung (pakaian) dikedua mata kaki (HR At-Thirmidzi III/247 n0.1783, Ibnu Majah. No.3572).
Pada peristiwa ini, Rasulullah Shallallahu'ala
ihiwassallam, tidak berkata : " Kamu sombong atau tidak ?..., kalau gak sombong gak apa-apa deh.."
Sebenarnya masih sangat banyak sekali Hadist tentang Larangan ISBAL, berpuluh-puluh Hadist. Tidak mungkin semuanya dimuat disini. Herannya, masih banyak orang yang meremehkan ISBAL.
Sebagai penutup, sering2lah mengingat hadis berikut ini :
Dari ibnu umar, bahwasanya Rasulullah Shallallahu'ala
ihiwassallam bersabda: " takkala seorang laki-laki sedang meng-isbalkan pakaiannya, tiba-tiba bumi terbelah bersamanya, Maka dia pun berguncang-gunc
ang (meronta-ronta) tenggelam didalam bumi hingga hari kiamat " (HR.Bukhari no.5790)
Ya akhi..ISBAL MENGERIKAN, didalam Hadist dikatakan " termasuk Kesombongan"..bukankah Allah Azzawajalla mengatakan Tidak akan Mencium bau Surga bagi yang ada Sombong didalam Hatinya ?....
Ya Akhi...ISBAL MENGERIKAN.., dihari Kiamat Tidak diajak Bicara oleh Allah, Tidak Dilihat dan tIDAK Dipandang, alias di Cuekin dan diacuhkan. Lalu Dia Tidak Disucikan, lalu diberi siksaan yang sangat pedih, lalu dilemparkan kedalam neraka Jahannam
ITTAQULLAH (Takut Lah kepada ALLAH..), Iman kita tidak senilai mata kaki.., Potong Celana Yuk.., tetap keren kok...
Wallahu'alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar